Misteri Batu Bergerak Death Valley

Misteri batu yang bergerak dengan sendirinya masih belum terungkap dengan jelasnya.



Di timur pegunungan Panamint di wilayah Death Valley National Park, California, ada sebuah tempat yang disebut Racetrack Playa. Letaknya 3.708 diatas permukaan laut, panjangnya 2,8 mil dan lebarnya 1,3 mil. Tampat ini memiliki posisi hampir sama tinggi dari ujung utara ke ujung selatan. Ujung utara hanya lebih tinggi 5 cm dari ujung selatan. Di tempat inilah salah satu fenomena misteri yang membingungkan muncul. Batu-batu yang bergerak dengan sendirinya.



Misteri ini terjadi disebuah tasik yang muncul apabila turun hujan yang lebat.walau bagaimanapun air didalam tasik ini bersifat sementara dan akan cepat mengering ketika tiada lagi hujan.

Ketika lumpur itu mengering, ia mulai membentuk alunan lumpur kering yang indah, dan di tempat inilah fenomena aneh tersebut terjadi.

Sememangnya tida siapa yang pernah melihat, batu-batu dolomite yang terpecah dari tebing bergerak dengan sendirinya berjalan melintasi permukaan tasik yang kering. Batu-batu itu meninggalkan jejak yang terlihat dengan jelas diatas permukaan tanah, satu-satunya bukti yang menunjukkan bahwa mereka benar-benar bergerak.



Ada dua teori utama mengenai penyebab fenomena ini. Yang pertama mengatakan penyebabnya adalah lapisan es tipis diatas permukaan tanah. Sedangkan teori lainya pula mengatakan penyebabnya adalah kelembaban dan angin.

Yang pasti semuanya sepakat bahwa bukan manusia penyebabnya kerana tiada jejak kaki manusia yang terlihat di permukaan tanah.