Perkembangan Teknologi Terkini Dalam Dunia IT

Dengan perkembangan besar teknologi yang terjadi pada kurun waktu 2012, tentunya di tahun 2013 akan muncul berbagai fenomena baru teknologi mutakhir yang lebih variatif. Secara khusus, berikut adalah trend IT yang menonjol dan akan booming pada tahun 2013.

Perangkat mobile

Diperkirakan penggunaan gadget mobile seperti telepon selular dan komputer tablet untuk akses internet bakal melampaui komputer konvensional. Sekitar 80 persen akses internet dilakukan melalui ponsel, terutama yang berbasis Windows dan Android. Tak heran penjualan ponsel-ponsel tersebut bakal mengungguli iPhone buatan Apple serta Blackberry.

App store

Pada 2013-2014 diramalkan ada 70 miliar software mobile yang diunduh setiap tahun dari toko-toko aplikasi online atau app store. Pada periode yang sama, software tersebut tidak lagi digunakan secara individual melainkan oleh korporasi. Ini menjadi pasar yang sangat menggiurkan.

Pertarungan mobile device

Perangkat mobile telah menyuramkan desktop. Konsumerisasi mendorong tablet masuk ke perusahaan. Cloud dan mobile saling memperkuat tren. Tren BYOD (Bring your own device) meningkat. Pada tahun 2013, perangkat mobile akan melewati PC sebagai alat akses Web paling umum digunakan.
Pada 2015, lebih dari 80% handset di pasar akan dipenuhi smart phone. Dan, 20% dari smartphone itu akan menjadi ponsel Windows. Pada tahun 2015, pengiriman tablet akan menjadi 50% dari pengiriman laptop, dengan Windows 8 di tempat ketiga di belakang Apple dan Android.
Secara keseluruhan, pangsa pasar platform Microsoft akan jatuh ke 60%. Pada smartphone, Windows bisa melampaui RIM untuk menjadi pemain #3, dan bisa menyamai Apple pada 2015 dalam ukuran unit. Windows 8 akan menjadi "relatively niche," yang umumnya menarik bagi para enterprise buyers.

Mobile applications & HTML 5

Sepanjang 2014, kinerja JavaScript akan mendorong HTML5 dan browser sebagai lingkungan utama pengembang aplikasi. Akan ada pergeseran panjang untuk HTML5, dari aplikasi asli sebagai HTML5 menjadi lebih mampu. Tapi aplikasi asli tidak akan hilang, dan selalu akan menawarkan pengalaman terbaik.

Internet of Things

Internet of Things sudah ada di sini. Lebih dari 50% koneksi Internet merupakan things. Pada tahun 2011, lebih dari 15 miliar things di Web, dengan lebih 50 miliar koneksi berselang. Pada tahun 2020, lebih dari 30 miliar terhubung things, dengan lebih dari 200 miliar koneksi terputus-putus. Teknologi kunci di sini termasuk sensor tertanam, pengenalan gambar dan NFC. Pada tahun 2015, lebih dari 70% perusahaan, seorang eksekutif, akan mengawasi semua Internet terhubung things. Menjadi Internet of Everything.

Strategi Data Big

Organisasi harus fokus pada jenis data non-tradisional jenis data dan sumber data eksternal. Hadoop dan NoSQL memperoleh momentum. Big Data akan bertemu social (media). Lima besar terkaya sumber big data di Web, termasuk: social graph, intent graph, consumption graph, interest graph dan mobile graph. Konsep dari single corporate data warehouse, sudah mati. Beragam sistem perlu diintegrasikan.

Mainstream In-Memory Computing

Perubahan harapan, desain dan arsitektur. Dapat meningkatkan kinerja dan waktu respon. Mengaktifkan sendiri business intelligence secara real-time. SAP dan yang lainnya akan mempercepat pengiriman aplikasi pada 2012/2013 untuk meningkatkan kemampuan memori.

Ekosistem Terpadu

Kemasan lebih dari software dan service untuk mengatasi infrastruktur atau beban kerja aplikasi. Akan ada pengiriman lebih dari "appliances," dimana software di-deliver sebagai hardware. Tren baru: virtual appliances, yang oleh Gartner diperkirakan akan mulai populer dalam lima tahun ke depan.

LTE

LTE merupakan teknologi nirkabel (wireless) berkecepatan tinggi yang berbasiskan GSM dan UMTS[wiki]. Sederhananya, teknologi ini mempunyai nama yang disebut dengan 4G. Seperti kita ketahui sekarang, ada teknologi 3G, 2G, 3.5G(HSDPA) yang popular di kalangan masyarakat kita. Teknologi 4G mempunyai banyak keunggulan.
Mengapa teknologi ini akan 'ngetrend' di tahun 2013? Karena beberapa operator seperti Telkomsel, sudah banyak melakukan uji coba teknologi LTE tahun lalu dan rencanya di tahun 2013 akan merilis teknologi ini secara resmi.
Di samping itu, perangkat-perangkat telekomunikasi seperti smartphone sudah mendukung ketersediaan teknologi ini, sebagai contoh iPhone 5 dan smarphone Android (HTC Thunderbolt dan masih banyak lagi). Kita lihat saja nanti :).

Windows 8

Windows 8 mungkin sudah dirilis tahun lalu (2012), tapi penggunanya masih tergolong sedikit. Lalu kenapa baru akan popular di tahun 2013? Sekedar opini saja, dikarenakan crack / loader dari Windows 8 baru muncul akhir-akhir tahun lalu. Memang tidak dipungkiri, banyak pengguna Windows tidak melakukan aktivasi resmi secara online Mereka lebih memilih menggunakan crack/loader yang notabene lebih mudah dilakukan, di samping harga Windows 8 yang mahal untuk sebuah OS .
Salah satu kekurangan dari Windows 8 yang membuatnya 'terhambat untuk populer' adalah User Interface - nya yang agak membingungkan. Dibandingkan dengan Windows-windows sebelumnya yang menggunakan paradigma 'Start' sebagai menu utama untuk masuk program, Windows 8 menghapus paradigma tersebut dan menggantinya dengan 'paradigma' lain yang membuat pengguna Windows perlu usaha lagi untuk mempelajarinya.

 Sumber: Plasadana, zepbees, kompasiana, danevil